Omnibus Law Cipta Kerja Mudahkan UMKM

Omnibuslaw-Watch.id – Memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta koperasi menjadi salah satu fokus pemerintah demi meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja. Upaya ini terdapat dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja klaster keempat terkait kemudahan pemberdayaan dan kemudahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Klaster keempat ini salah satunya menjelaskan tentang penyerdehanaan pengurusan izin bagi pelaku UMKM. Tujuan ke depan adalah pengusaha UMKM cukup hanya melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam mengurus izin usahanya. 

Dikutip dari staf khusus (Stafsus) Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono (Okezone, 22/2/2020) yang mengatakan, “Jadi kalau ada narasi-narasi yang bilang bahwa ini kan pro pengusaha untuk investor besar saja, enggak. Ini sebetulnya ingin memberikan kemudahan berusaha untuk semua investor baik kelas besar mauapun kecil, menengah sampai mikro.”

UMKM juga menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Sehingga pemerintah juga mementingkan sektor ini dalam RUU Cipta Kerja. Berikut point-point penting yang diubah dalam RUU Cipta Kerja ini antara lain:

Sumber: RUU Cipta Kerja dan Undang-Undang terkait.

Berdasarkan penjelasan RUU Cipta Kerja di atas maka jelas bahwa pemerintah jelas bahwa penekanannya adalah pertumbuhan perekonomian negara dan dari situ juga ditopang oleh UMKM dan koperasi. Pemerintah serius dalam mendorong UMKM dan koperasi bersama-sama membangun perekonomian nasional dan membuka lapangan pekerjaan. Semua permasalahan yang dihadapi UMKM dan koperasi berusaha untuk diatasi di dalam RUU Cipta Kerja ini. Tentunya juga dengan penyerdehanaan Undang-Undang diharapkan akan memotivasi masyarakat dalam membuka usaha.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 thoughts on “Omnibus Law Cipta Kerja Mudahkan UMKM

  1. Sayah tukang sayur basarmar.menjual sayur mayur seger,makanan beku ,sembako dll.sayah susah mendapatkan pinjaman buat pengembangan usaha.bgaimnh cara dan mudah dpt kucuran dana…usaha syh bsa.dilihat.maps.gogle…basarmart

Leave a Reply

Social Network Widget by Acurax Small Business Website Designers
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram